Journey to be Binusian 2020

IMG_5753

Andini Fitriani Dewi (LC01) Teknik Informatika Binus University 2020

Banyak orang bilang dunia perkuliahan itu kejam, gak kayak masa SMA yang lebih banyak sukanya daripada dukanya *dukanya lebih banyak sih*. Pernyataan itu lah yang bikin saya jadi gugup dan takut dalam menghadapi dunia perkuliahan. Ospek adalah salah satunya. Biasanya ospek identik dengan senioritas, perploncoan, dan bahkan beberapa sekolah tinggi menerapkan sistem ospek yang military. Ini lah yang bikin saya jadi malas menghadapi ospek kuliah.

Saat ini saya berkuliah di semester 1 di Binus University, tentunya bayang-bayang ketika saya ‘diospek’ masih terkenang dengan jelas. Nah kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya ketika ‘ospek’ di Binus. Sebelumnya maaf jika setelah ini bahasa saya kurang baku. Supaya lebih santai aja ^^

Sebelumnya, saya jelasin dulu sistem ospek di Binus itu kayak apa. Masa ospek di Binus dikenal dengan FEP (Freshment Enrichment Program), dari namanya aja udah keren kan. Nah FEP ini dibagi lagi jadi 3, yaitu GO (General Orientation), AO (Academic Orientation), dan CLO (Campus Life Orientation).

Apa itu GO?

Sesuai namanya, General Orientation atau disingkat GO ini adalah perkenalan kampus secara umum, seperti mengenal lingkungan kampus Binus University, peraturan dan registrasi perkuliahan, dan organisasi kemahasiswaan. Dalam pelaksanaannya, setiap kelas ‘diutus’ beberapa BC (Buddy Coordinator) yang bertugas membimbing para Buddy (mahasiswa baru) dalam menjalani GO.

AO sih apa?

AO atau Academic Orientation ini masih bagian dari FEP. Bedanya dengan GO, AO lebih mengenalkan tentang seperti apa pembelajaran di Binus itu. Singkatnya saya katakan seperti simulasi perkuliahan, jadi kita gak kaget tuh sama materi-materi dan sistem pembelajaran di Binus. Hal-hal yang dibahas di AO diantaranya yaitu kurikulum dari masing-masing program/jurusan, study skills, materi dasar jurusan/program, dan mengenal dosen/pembimbing akademik.

Kalo CLO apa?

Apa hayo? CLO yaitu Campus Life Orientation, itu singkatnya adalah dunia perkuliahan yang sesungguhnya. Disini lah masa perkuliahan itu dimulai. Didalamnya mencakup pembiasaan diri dengan jadwal kuliah, peningkatan kemampuan bahasa Inggris, adaptasi dunia perkuliahan para Buddy.

Dan ini lah pengalaman saya selama FEP …

GO

Pertama, saya mengikuti GO. GO dibagi dalam beberapa batch, yaitu ABN, BBN, CBN, DBN, EBN, dan FBN. Nah saya dapat batch BBN, dimana GO batch BBN dilaksanakan pada tanggal 1-6 Agustus 2016.

Hari pertama GO saya gugup bukan main. Saya satu-satunya siswa dari SMA saya dulu yang melanjutkan kuliah di Binus Kemanggisan. Ada sih, teman sekelas ketika SMA yang masuk Binus juga, tetapi dia memilih Binus Alam Sutra. Nah jauh kan, sama aja saya sendiri di Binus Kemanggisan.

Saya berangkat ke kampus Syahdan bersama 2 orang teman dadakan saya, kami baru saling kenal, dan dan langsung menjadi roommate kostsan saya. Benar-benar hebat. Sayangnya, kita gak satu kelas, jadi ketika sampai di kampus Syahdan mau gak mau kita pisah masuk kelas masing-masing. Saya berkali-kali mengecek kartu FEP saya, mastiin kalo saya gak salah baca dan gak salah masuk ruangan. Sampai di Syahdan emang udah rame.

Berjalan, berjalan, berjalan, sampai akhirnya saya sampai di depan deretan kelas di gedung K lantai 1 kampus Syahdan. Ramai. Saya berjalan sampai depan kelas K1D dan ada satu perempuan, maba juga seperti saya, saya kenalan, namanya Suci. Saya heran, ini perempuan sekelas cuma berdua???

Pukul 09.00, kami mulai masuk kelas, banyak banget, satu kelas sekitar 60-an orang. Kami dibimbing oleh 7 orang BC (Buddy Coordinator), awalnya saya pikir mereka jutek dan hobinya marah-marah, seperti OSIS di SMA saya dulu ketika membimbing saya MOS *ampun!* tapi ternyata tidak, lama-kelamaan mereka pun terlihat sifat aslinya *wkwkwk*. Ketujuh BC kami itu adalah Adib Rusydi Fikri, Amelia Anjani, Andrew Stefanus, Erico Napis, Jodi Subarja, Josephine Angela, dan Pamella Young.

Hari pertama gak ada materi, cuma perkenalan Buddy dan BC, dan cuma bahas kegiatan apa aja yang selama FEP bagian GO seminggu ke depan. Materi baru akan dikasih di hari kedua sampai hari keenam.

Hari kedua dan seterusnya ini baru maba! Kemeja putih, celana hitam bahan, sepatu hitam, ditambah kerudung saya berwarna hitam khas maba banget. Di hari kedua kami mulai menerima materi dari BC, seperti apa saja kegunaan flazz card, sistem belajar di Binus, sharing tentang bagaimana perkuliahan di Binus, dan lain-lain.

Paling istimewa adalah di hari kelima GO, ketika kami dikumpulin di satu ruangan, tiba-tiba salah satu BC kami bilang kalo waktu itu adalah acara evaluasi buddy selama satu minggu GO. Salah satu BC kami marah-marah di depan kelas dan nyuruh beberapa buddy maju ke depan kelas dan nyari tahu kesalahan mereka selama seminggu, bahkan ada salah satu buddy yang gak bersalah dicari kesalahannya sehingga dia jadi punya salah (?). Gak lama, kak Amel yang sebelumnya marah dan ninggalin kelas dia balik ke kelas bawa kue sambil nyanyi lagu Selamat Ulang Tahun. Ternyata buddy yang disuruh maju ke depan itu adalah mereka yang ulang tahunnya deketan sama tanggal GO. Ini momen terbaik di BBN03. BC nyiapin kejutan buat kita, ini luar biasa.

Gak mau kalah sama BC, buddy BBN03 juga ngasih kejutan buat BC BBN03. Waktu acara kebersamaan di hari terakhir GO, abis nyanyiin yelyel BBN03 yang udah susah payah dibikin, kita ngasih bunga tuh ke tiap BC BBN03. Gatau kaget apa enggak, tapi kayaknya mereka kaget (?) soalnya ini kita rencanain dadakan dan gak ada yang ngasih tau BC sebelumnya. Hari terakhir ini kita manfaatin sebesar-besarnya buat kebersamaan kelas.

INAGURASI

Ini pertama kalinya saya memakai jas almamater Binus. Saya yang gak tahu tempatnya dimana dan bermodalkan tebengan teman *intinya saya nebeng ke temennya temen saya* kita berangkat lah ke JCC, tempat kita bakal disahkan jadi Binusian *cielah* disana kami mengikuti serangkaian acara sampai akhirnya kami disahkan menjadi Binusian *cie*.

AO

Motivasi saya masuk IT karena saya rasa peluang kerja di IT luas, perusahaan mana yang gak butuh anak IT, selain itu karena saya juga ngehindarin pelajaran kimia karena saya tak suka kimia (?). Padahal, saya sama sekali tak punya basic dalam bidang IT. Academic Orientation (AO) ini adalah bagian dari FEP yang membahas materi apa saja yang akan dipelajari ketika kami mulai kuliah di Binus. Tujuan AO sendiri adalah agar kami tidak kaget ketika kami memulai masa perkuliahan di Binus.

Organizational Skill

Ketika hari keempat GO, ada acara namanya Bunga Rampai. Isinya itu adalah perkenalan UKM dan organisasi  yang ada di Binus. Jadi kita dikumpulin di auditorium, terus masing-masing UKM adain penampilan di stage, keren keren. Ada UKM akademik, ada juga UKM non akademik. Contoh UKM akademik yaitu BNCC, BNEC, dll. Sedangkan UKM non akademik contohnya Klifonara, Paramabira, dll. Ya ujungnya sih ngajakin kita buat join UKM itu.

Sampe waktu hari terakhir GO itu ada namanya Binus Expo. Itu dimana tiap UKM ngadain stand dan buka open recruitment buat member baru di UKM itu.

Waktu itu saya dateng ke stand Himti (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika), saya ikut tuh acara yang diadain sama Himti, namanya HTTP. Saya juga daftar WAH (Wawancara Aktivis Himti), jadi aktivis Himti nantinya. Terus saya ikut daftar juga jadi aktivis di TFI (Teach For Indonesia), coba-coba aja siapa tau dapet dan kepilih jadi aktivis, mumpung daftarnya gratis *hehe*. Saya juga daftar di UKM CSC (Cyber Security Club) gak lengkap dong anak IT gak jago hacking *wkwkwk*.

HTTP

HTTP adalah acara rutin yang diadakan oleh Himti setiap tahunnya untuk mahasiswa baru. Berhubung kita ini Binusian 2020, acara HTTP ini diadakan khusus untuk penyambutan mahasiswa baru Binusian 2020, dan hanya diadakan satu kali, jadi jika tahun ini tak ikut HTTP maka anda harus keluar binus dulu, lalu daftar lagi tahun depan untuk mengikuti HTTP *wkwkwk*.

Penasaran kan HTTP ngapain aja?

Pagi-pagi jam 6.30 kita berangkat tuh rame-rame pake bis yang emang udah disediain dari acara HTTP. Sampe di gedung BPPT di daerah Thamrin, Jakarta Pusat, kita dibawa masuk ke satu ruangan yang lumayan luas. Sebelum acara dimulai kita nonton bareng tuh film Zootopia, pas lagi seru-serunya malah berhenti tuh film karena emang acaranya mau mulai.

Acara yang kita ikutin di HTTP ini yaitu talkshow sama alumni Binus yang bisa jadi inspirasi banget buat kita mahasiswa baru buat ngembangin teknologi. Ada 3 narasumber, 2 diantaranya menciptakan B-Max, yaitu robot yang bisa berinteraksi dengan manusia, dia bisa nyapa, ngobrol, bahkan ngedongeng buat kita, dan satu lainnya adalah founder aplikasi yang bisa membaca kepribadian seseorang lewat aplikasi twitter, jadi kita tinggal input username twitter dan tunggu beberapa menit sampai akhirnya keluar result kepribadian orang itu. Canggih banget kan.

Biar ga bosen, acara HTTP juga diselingi sama games yang pastinya menarik banget, berhadiah lagi. Lumayan kan. Yang tadinya kita ngantuk jadi seger lagi.

Acara lainnya yaitu hiburan, ada visualiasi yang nyeritain mahasiswa baru mulai dari masa FEP sampe mereka diterima jadi aktivis Himti yang pastinya ini lucu banget, ada nyanyi yang suara penyanyinya itu aduhai bikin baper, ada juga modern dance yang bikin mata merem melek terutama anak laki-laki *hnmm*, dan yang terakhir ini yang paling saya tunggu-tunggu, DJ! Yap. Saya yang semula suntuk dan galau, ketika penutupan acara ini saya kayaknya yang paling heboh sampai badan saya mandi keringat. Habis joget-joget ria, acara HTTP ini saya tutup dengan shalat maghrib di mushola di gedung itu. Barokah betul.

Banyak manfaat yang kita dapat dari acara HTTP ini, yaitu:

  • Pengenalan bahasa C (PBC)
  • Merchandise
  • Himti Kit
  • E-Certificate
  • Pin
  • T-Shirt
  • Teman Baru

Dan yang paling ditunggu adalah … poin SAT!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *